Tukang ledeng

  • Posted on: 7 November 2017
  • By: admin
Tukang ledeng

Plumber is at Work (3)

 

Selain perpipaan air yang kompleks, Israel ternyata juga memiliki perpipaan minyak yang besar juga. Hal ini memang dapat dimengerti, mengingat kondisi geografis Israel yang dihimpit oleh negara-negara lain, ditambah perang dengan Palestina, sehingga Israel harus membangun infrastruktur seperti yang maju untuk mendukung kelangsungan negaranya. Bahkan terdapat surplus suplai air yang dijual oleh Israel ke negara lain yang kekurangan air.

 

Selain perpipaan yang kompleks, ada juga sistem drainase bawah tanah terbesar di dunia, namanya G-Cans Tokyo. Letaknya ada di Saitama, dekat Tokyo. Saluran ini juga disebut Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel/ Shutoken Gaikaku Hōsuiro. Saluran ini dibangun untuk melindungi Tokyo dari serangan banjir. Jepang memang terletak pada pertemuan lempeng-lempeng bumi sehingga Jepang sering diserang gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dsb. Proyek ini dimulai tahun 1992 dan diselesaikan pada tahun 2006. Tunnel drainase ini memiliki panjang 6,4 km dan berada 50 meter di bawah tanah. Tunnel ini dilengkapi dengan tangki air dan pompa yang dapat mengalirkan air 200 ton per detik ke sungai Edo.

Tampak Dalam G-Cans Tokyo (sumber: water-technology.net)

 

Sistem kerja dari terowongan raksasa ini adalah dengan mengambil air banjir atau badai dari inlet-inlet besar yang ditempatkan di beberapa tempat. Inlet ini berkedalaman 74 m dan berdiameter 32 m. Air mengalir dari inlet ke reservoir raksasa, orang-orang menyebutnya “Underground Parthenon” atau Parthenon dalam tanah. Parthenon adalah kuil raksasa yang berada di Roma. Reservoir ini berukuran hampir 180 meter panjangnya, 80 meter lebarnya dan 18 meter tingginya. Reservoir ini dibuat untuk menampung air yang akan dialirkan ke sungai Edo pada saat muka air sungai Edo surut.

Distribusi Inlet G-Cans (sumber: japangasm.wordpress.com)

Ruang Kontrol G-Cans (sumber: japangasm.wordpress.com)

 

Sistem Pengairan G-Cans (sumber: japangasm.wordpress.com)

 

Semua sistem yang ada dalam G-Cans Tokyo diatur dalam ruang kontrol seperti gambar di atas. Di dalam G-Cans juga terdapat ruang untuk pembelajaran bagi anak-anak. Bila sedang dalam aktivitas lenggang, G-Cans dapat dibuat menjadi destinasi wisata.

 

Masih banyak lagi struktur yang akan membuat kita tercengang sehingga kata tukang pada “tukang ledeng” memiliki arti yang lebih tinggi sekarang. Teknisi perpipaan dan sipil sudah semakin kompleks pada jaman sekarang. Yang bisa kita lakukan pada saluran air kita adalah dengan menjaganya dan merawatnya. Bila terjadi sumbatan pada WC yang terlalu sulit dibersihkan dengan manual, kita dapat menggunakan drain cleaner K-6 Toilet Auger. Auger dapat disesuaikan dengan jenis sumbatan dan diameter pipa. Kita akan melihat-lihat lagi bersama banyak infrastuktur pada seri Plumber is at Work yang selanjutnya.