Saluran air otomatis

  • Posted on: 29 March 2018
  • By: reno

Buang Air di Jepang

Buang air di Jepang mungkin dapat menjadi salah satu pengalaman yang berkesan bagi sebagian besar orang di dunia. Produk toilet dari Toto yaitu Washlet Zoe masuk ke dalam Guinness World Records sebagai toilet yang paling canggih di dunia dengan 7 fungsi di dalamnya pada tahun 1997. Saat ini toilet dilengkapi dengan lebih banyak fitur misalnya blow dryer untuk anus, pemanas tempat duduk, pemijat, kontrol kekuatan air untuk basuh anus, pembukaan tutup toilet otomatis, flush otomatis, hubungan nirkabel, kontrol pemanas ruangan dan kontrol pendingin ruangan.

Fitur Toilet di Jepang (sumber: Wikipedia.com)

Toilet-toilet dengan fitur yang luar biasa ini biasa ditemukan di rumah sakit di Jepang, namun beberapa tempat juga menyediakan toilet-toilet dengan fitur-fitur tersebut. Beberapa toilet juga ramah dengan penyandang disabilitas. Terdapat pegangan untuk penyandang disabilitas. Selain itu, ada pula toilet yang ramah untuk lansia. Beberapa bahkan dilengkapi dengan fitur agar para lansia dapat bangun dari duduk di toilet dengan mudah. Dudukan toilet dapat naik secara pelahan untuk membantu lansia bangun dari tempat duduk toilet.

 

Beberapa toilet bahkan dilengkapi dengan fitur suara. Beberapa wanita di Jepang merasa malu apabila suara buang air kecilnya terdengar oleh orang lain. Mereka biasanya menggunakan flush untuk menutupi suara buang air kecilnya, namun praktik ini memboroskan air. Edukasi dan pengarahan pun sempat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan ini, namun gagal. Fitur suara seperti bunyi flush akhirnya ditambahkan di beberapa toilet untuk mengurangi pemborosan air ini.

 

Fitur suara lainnya adalah fitur suara asisten toilet. Asisten ini dapat membantu pengguna toilet memahami fitur dari toilet canggih ini. Fitur ini juga berguna bagi penyandang abilitas sehingga tanpa melihat dapat mengetahui letak tombol-tombol toilet canggih ini. Fitur suara lainnya bahkan suara musik, suara agar memancing buang air kecil, suara agar pengguna lebih santai dsb.

 

Beberapa fitur lain adalah sensor penggunaan air. Bila penggunaan air melebihi batas normal pemakaian manusia maka akan timbul peringatan. Beberapa toilet juga dilengkapi dengan fitur mencampur air untuk membilas dengan sabun. Hal ini dikarenakan orang Jepang sangat menyukai kebersihan. Kata kirei adalah bersih yang juga mendeskripsikan kecantikan. Untuk perawatan toilet-toilet super ini butuh mempelajari manualnya karena terdapat sensor dan fitur lain dalam toilet. Untuk penyumbatan toilet dapat menggunakan alat yang sederhana seperti hand tool RIDGID. Alat ini memiliki bentuk yang dapat mengikuti lekuk dari saluran pembuangan toilet.