Konstruksi pipa toilet

  • Posted on: 2 April 2018
  • By: reno
jasa toilet mampet jakarta

Konstruksi pipa toilet

 

Pembangunan sistem Konstruksi pipa toilet yang kompleks membutuhkan tahapan-tahapan agar dapat berfungsi. Pembangunan perlu dirancang, dilakukan persiapan konstruksi, konstruksi dan perawatan- pengoperasian. Semua hal ini dilakukan untuk memastikan agar sistem yang dibangun tepat guna tidak mampet, tahan lama, siap digunakan, dan bersinergi baik dengan sistem lainnya dalam suatu daerah atau kota. Pembangunan sistem perpipaan dilakukan oleh lebih dari pada teknik sipil saja, namun juga oleh aspek-aspek lainnya seperti planologi, teknik industri, teknik material, teknik informasi dsb. Semua aspek bersinergi agar dapat menciptakan sistem yang terbaik ketika digunakan.

 

Pada tahapan perancangan, sistem Konstruksi pipa toilet dipastikan apakah benar-benar dibutuhkan. Tahapan ini sering disebut feasibility study. Penelitian dilakukan mulai dari aspek kegunaan, tujuan, lingkungan, keamanan, keuangan, masalah yang dihadapi, masyarakat, tempat, lokasi dsb. Semua hal dipelajari agar dampak negatif yang mungkin timbul dapat diantisipasi bahkan dihilangkan. Misalnya, sistem perpipaan yang dibangun dapat berkarat, maka antisipasi dilakukan dengan melakukan galvanisasi atau proses lainnya yang menghindarkan pipa dari karat atau kerusakan karena karat tersebut. Atau misalnya sistem perpipaan menimbulkan suara yang kuat sehingga menimbulkan polusi suara (ada ambang batas suara yang diperbolehkan). Hal ini diantisipasi dengan mengganti jenis pipa atau dengan menambahkan insulator suara pada sekitar pipa.

 

Pada tahapan perancangan juga perlu dilakukan penelitian tentang tempat yang akan digunakan untuk menanam pipa. Jalur yang memiliki aktivitas yang tinggi di atasnya dapat berbahaya bagi hidup banyak orang. Biasanya jalur perpipaan, apalagi perpipaan yang memiliki resiko tinggi pada hidup manusia seperti bahaya ledakan, beracun dll, diletakkan pada jalur yang jarang dilewati manusia dan aman.

 

Setelah mendapatkan hasil rancangan lengkap, bila dapat diteruskan, rancangan akan diajukan pada pihak yang berwenang (pemerintah). Biasanya untuk kepentingan bagi banyak orang misalnya air, listrik, minyak dll, akan dikendalikan langsung oleh pemerintah. Pemerintah akan mengevaluasi dan mensurvey kelayakan dari rencana pembangunan tersebut.

 

Bila disetujui, maka bagian geodetic atau pengukuran tanah dan penentuan titik dapat dilakukan di lapangan untuk membuat pembangunan tepat pada lokasi yang ditentukan sebelumnya. Survey juga dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi lapangan sungguh-sungguh seperti yang disebutkan pada tahapan perancangan.

 

Setelah menentukan jalur-jalur Konstruksi pipa toilet dan memberikan tanda di lapangan (marking) yang dapat dimengerti oleh pelaksana, maka dilakukan pelaksanaan konstruksi. Pelaksanaan konstruksi perlu dilakukan dengan memperhatikan keselamatan kerja, keamanan kerja dan memperhatikan lingkungan sekitar. Pembangunan dan konstruksi dilakukan sedemikian rupa agar tetap ramah lingkungan. Proses-proses lainnya dibahas pada bagian selanjutnya. Stay tuned!